Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Tuesday, January 14, 2020

Parameter Air dan Fungsi Komponen Sistem RO Industri

Industrial RO System

Parameter Air dan Fungsi Komponen Sistem RO Industri

Teknologi Reverse Osmosis adalah bagian yang sangat penting dari sistem pengolahan air. Di dalam operasinya ada banyak faktor yang harus dikontrol, treatment awal, nilai ph, jumlah padatan tersuspensi dan lainnya. Semuanya itu akan mempengaruhi kinerja sistem reverse osmosis, sehingga perlu diambil langkah-langkah treatment yang efektif, seperti pengaturan sistem filtrasi, desinfeksi dan sebagainya, untuk memberikan hasil yang maksimal dan efisiensi pada sistem reverse osmosis.

Komponen Sistem RO Industri

Membran RO pada sistem Reverse Osmosis memerlukan persyaratan suhu air untuk menghasilkan kualitas air terbaik. Komponen membran RO ini diproduksi dari bahan thin film komposit dan memerlukan kontrol suhu air pada 0 ~ 45°C.

2. Tekanan Membran (Pressure Membrane)
Untuk persyaratan tekanan air, tekanan masuk maksimum membran RO yang digunakan untuk mengolah air payau adalah 300psi (2,06 mpa), dan tekanan masuk maksimum membrane RO air laut adalah 1000 psi (6,89 mpa).

3. Tekanan Air Masuk (Inlet Pressure)
Jika tekanan air masuk ke elemen membran terlalu tinggi, itu akan menyebabkan kerusakan pada membran RO. Oleh karena itu, tekanan maksimum untuk single membran tidak dapat melebihi 68,9 psi.

4. Konsentrasi Air dan Proporsi Air
Tahanan setiap membran terhadap polusi itu terbatas, sehingga rasio konsentrasi membran air dan laju aliran masuk maksimum adalah 1 berbanding 5. Artinya flowrate air masuk untuk sebuah membran RO tidak dapat melebihi 5 kali dari kapasitas membran.

Fungsi Komponen Sistem RO Industri

1. Tangki Air Baku
Fungsi : Untuk penyimpanan air baku, mengatur influen, tetapi juga sebagai pengotor influen dalam sedimentasi tertentu.

2. Sand Filter
Fungsi : Penghapusan sedimen awal pada air, menghilangkan kotoran, padatan tersuspensi dan partikel lain untuk mengurangi kekeruhan air.

3. Carbon Filter
Fungsi : Penggunaannya untuk menghilangkan bau, warna dan rasa pada air.

4. Water Softener
Fungsi : Untuk menghilangkan kandungan kapur (CaCO3), Magnesium (Mg), Calsium (Ca) dan mengurangi tingkat kesadahan yang tinggi (total hardness).

5. Filter Cartridge
Fungsi : untuk mencegah partikel-partikel sisa pengotor yang dapat masuk ke membran reverse osmosis dan melindungi membran reverse osmosis.

6. Tangki Air Produksi
Fungsi : Penyimpanan produksi reverse osmosis untuk didistribusikan dan menyediakan air untuk sistem pengolahan air berikutnya.

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Parameter Air dan Fungsi Komponen Sistem RO Industri ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com