Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Wednesday, November 27, 2019

Aplikasi Teknologi Membran Pada Pengolahan Air

Aplikasi Teknologi Membran Pada Pengolahan Air
Teknologi membran telah menjadi topik hangat dalam beberapa tahun terakhir ini. Penggunaan teknologi membran untuk proses pengolahan air bersih dan air limbah terus berkembang pesat, hal itu mungkin dipicu fakta bahwa pemisahan dengan membran memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh metode-metode pemisahan lainnya. Keunggulan dari membran yaitu tidak membutuhkan zat kimia tambahan, kebutuhan energinya sangat minimum, membran dapat bertindak sebagai filter yang sangat spesifik, hanya molekul-molekul dengan ukuran tertentu saja yang bisa melewati membran sedangkan sisanya akan tertahan di permukaan membran, keunggulan lainnya yaitu teknologi membran ini sederhana, praktis, dan mudah untuk dilakukan.

Pengolahan konvensional yang berbasis pada teknologi konvensional seperti koagulasi-flokulasi, sedimentasi dan filtrasi sering kali kurang efektif atau gagal untuk mengolah dengan hasil sesuai dengan baku mutu yang diharapkan, untuk itu diperlukan teknologi alternatif untuk mengolah air baku tersebut. Studi kasus menujukkan pemanfaatan membran untuk pengolahan air dapat menghasilkan air berkualitas tinggi (bebas mikroba dan padatan tersuspensi), serta pemanfaatan teknologi membrane ini pada akhirnya diharapkan dapat memberikan keuntungan baik dari segi ekonomi, teknik, maupun lingkungan.

Fungsi Membran

Fungsi Membran
Membran berfungsi memisahkan material berdasarkan ukuran dan bentuk molekul, menahan komponen dari umpan yang mempunyai ukuran lebih besar dari pori-pori membran dan melewatkan komponen yang mempunyai ukuran yang lebih kecil. Suatu bahan dapat dijadikan membran apabila tahan secara kimia baik terhadap umpan maupun pada cairan pencuci membran, stabil secara mekanik, termal dan memiliki permeabilitas dan selektifitas yang tinggi.

Keunggulan dan Kelemahan Membran

Teknik pemisahan dengan membran umumnya berdasarka ukuran partikel dan berat molekul dengan gaya dorong berupa beda tekan, medan listrik dan beda konsentrasi. Proses pemisahan dengan membran yang memakai gaya dorong berupa beda tekan umumnya dikelompokkan menjadi empat jenis diantaranya mikromembran, ultramembran, nanomembran dan reverse osmosis. Teknologi membran memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan proses lain, antara lain :
  1. Pemisahan dapat dilakukan secara kontinyu maupun curah (batch)
  2. Konsumsi energi umumnya realatif lebih rendah
  3. Proses membran dapat mudah digabungkan dengan proses pemisahan lainnya
  4. Pemisahan dapat dilakukan dalam kondisi yang mudah diciptakan
  5. Mudah dalam scale up
  6. Tidak perlu adanya bahan tambahan
  7. Material membran bervariasi sehingga mudah diadaptasikan pemakaiannya
  8. Pemisahan berdasarkan ukuran molekul
  9. Energi yang dibutuhkan lebih rendah karena biasanya tidak terjadi perubahan fase
  10. Tidak ada tambahan produk buangan
  11. Dapat mereduksi secara kimiawi
  12. Tidak membutuhkan lahan yang luas, jika dibandingkan dengan pengolahan konvensional
  13. Dapat dengan mudah dioperasionalkan, sehingga tidak membutuhkan ahli khusus
  14. Dapat mereduksi protozoa, bakteri bahkan virus

Disamping memiliki keuntungan, proses membran juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya :
  1. Penyumbatan pori membran
  2. Stabilitas membran
  3. Fluks dan selektivitas karena pada proses membran umumnya terjadi fenomena fluks berbanding terbalik dengan selektivitas
  4. Teknologi membran dengan tekanan yang tinggi memerlukan energi yang besar
  5. Pada pengolahan dengan menggunakan teknologi membran, kadangkala perlu dilakukan pretreatment terlebih dahulu untuk mengurangi beban pengolahan
  6. Meninggalkan limbah berbahaya, karena pada saat proses regenerasi membran akan menghasilkan limbah yang berbahaya
  7. Membran mempunyai lifetime/masa hidup, di mana penggantian membran dilakukan 3 – 5 tahun sekali

Jenis-Jenis Teknologi Membran

1. Membran Microfiltrasi (MF)
Teknologi Membran Microfiltrasi (MF)
Membran Microfiltrasi memiliki ukuran pori 1.00 - 0.01 micron dan beroperasi pada tekanan di bawah 30 psi. Materi yang dapat dipisahkan oleh membran microfiltrasi adalah bakteri, virus, zat tersuspensi dan zat padat. Teknologi membrane microfiltrasi bisa digunakan pada industri minyak kelapa atau minyak dari tumbuhan lainnya, untuk menghasilkan cairan yang lebih jernih.

2. Membran Ultrafiltrasi (UF)
Teknologi Membran Ultrafiltrasi (UF)
Membran Ultrafiltrasi memiliki ukuran pori 0.01 - 0.001 micron dan beroperasi pada tekanan diantara 20 psi sampai 100 psi. Materi yang dapat dipisahkan oleh membran ultrafiltrasi adalah protein, pati, antibiotik, silika koloid, gelatin, organik, bakteri, pewarna, lemak dan paint solids. Teknologi membrane microfiltrasi bisa digunakan pada industri pengolahan air limbah industri, filtrasi pada aeration tank, dan termasuk pengolahan air minum layak konsumsi.

3. Membrane Nanofiltrasi (NF)
Teknologi Membran Nanofiltrasi (NF)
Membran Nanofiltrasi memiliki ukuran pori 0.001 - 0.0001 micron dan beroperasi pada tekanan diantara 50 psi sampai 300 psi. Materi yang dapat dipisahkan oleh membran nanofiltrasi adalah pati, gula, pestisida, herbisida, pirogen, ion divalen, organik, BOD, COD,  logam berat, detergent dan pewarna. Teknologi membrane nanofiltrasi bisa digunakan pada industri kimia, farmasi, bioteknologi dan makanan.

4. Membran Reverse Osmosis (RO)
Teknologi Membran Reverse Osmosis (RO)
Membran Reverse Osmosis memiliki ukuran pori < 0.0001 micron dan beroperasi pada tekanan diantara 225 psi sampai 1000 psi. Materi yang dapat dipisahkan oleh membran reverse osmosis adalah ion logam, asam, gula, garam cair, pewarna, resin alami, residual paint, monovalen, BOD dan COD. Teknologi membrane reverse osmosis bisa digunakan hampir di semua sektor baik skala residential, komersial maupun industrial.

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Aplikasi Teknologi Membran Pada Pengolahan Air ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com
Judul : Aplikasi Teknologi Membran Pada Pengolahan Air
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.