Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Thursday, September 26, 2019

Membran Ultrafiltrasi

Membran Ultrafiltrasi

Pengertian Membran Ultrafiltrasi

Membran Ultrafiltrasi merupakan salah satu jenis membran filtrasi untuk memisahkan komponen dengan berat molekul tinggi dan rendah. Proses pemisahan terjadi secara filtration alias umpan mengalir sepanjang permukaan membran secara tangensial. Keuntungannya suspended solid akan tersapu aliran konsentrat secara kontinu.

Proses pemisahan Membran UF ini melewatkan komponen dengan berat molekul rendah, sedangkan komponen dengan berat molekul tinggi seperti makro molekul, polisakarida, dan protein akan ditahan. Hal ini terjadi karena jenis membran ini termasuk berpori. Akan tetapi struktur membrannya lebih asimetris bila dibandingkan dengan membran mikrofiltrasi lain. Ukuran pori membran lebih tepatnya berkisar 0.1-0.01 yang bekerja pada tekanan antara 1 sampai 3 bar.

Kegunaan Membran Ultrafiltrasi

Ukuran Pori Pada Membran
Pada umumnya Membran Ultrafiltrasi digunakan untuk pemisahan makromolekul dan koloid dalam suatu larutan. Lebih tepatnya untuk memisahkan partikel yang memiliki ukuran pori berkisar 0,01 mikrometer sampai 1 nanometer. Sementara aplikasi proses pemisahan partikel menggunakan ultrafiltrasi membrane cukup luas.

Khusus untuk pengolahan air, Ultrafiltration Membrane bisa digunakan untuk menghilangkan masalah turbidity atau padatan tersuspensi, coliform bacteria, cryptosporidium oocysts, algae, giardia lamblia cycts, pyrogens, dan viruses. Dimana tingkat kekeruhan produk yang dapat dihasilkan dapat mencapai kisaran dibawah 0,2 NTU. Ini pula yang menjadi salah satu keuntungan dari kegunaan UF Membran.

Adapun keuntungan lain dari penggunaan Membrane UF dalam proses filtrasi air diantaranya :
- Tingkat kekeruhan dari 100 NTU bisa diturunkan menjadi kurang dari 0,2 NTU
- Kualitas filtrasi yang konsisten dalam berbagai kondisi air sumber
- Tidak harus menggunakan bahan kimia dalam proses pemisahan padatan tersuspensi dan mikroorganisme
- Untuk pengolahan hasil dari Sewage Treatment Plant, ultrafiltrasi membrane bekerja pada tekanan relatif rendah yakni 1-2 bar dengan tingkat produktivitas tinggi sehingga lebih hemat biaya dan hemat energy.

Macam-Macam Tipe Membran Ultrafiltrasi

Membrane Ultrafiltrasi
Berkaitan dengan penggunaannya, Membran Ultrafiltrasi terdapat bermacam-macam tipe. Seperti tubular, spiral wound, dan plate and frame. Setiap tipe tersebut mempunyai aplikasi masing-masing. Dimana pemilihan tipe bergantung pada konsentrasi serta jenis material berkoloid atau emulsi. Selain itu, desain sistem optimum juga wajib mempertimbangkan konsumsi energy, debit, harga membran, fouling, dan Pressure lost.

Sebagai contoh untuk air yang memiliki tingkat kemurnian tinggi, maka tipe spiral wound diyakini lebih cocok digunakan. Sementara untuk pre treatment pada unit reverse osmosis biasanya digunakan tipe tubular kapiler.

Membrane Ultrafiltration dibuat dengan cara mencetak polimer selulosa asetat menjadi lembaran tipis. Membran tersebut termasuk membran dengan sifat pemisah yang baik. Akan tetapi, mudah rusak akibat zat kimia, pH, atau bakteri. Selain selulosa asetat ada macam-macam material lain. Misalnya saja PVC, PAN, PES, akrilik, poliasetat, polimer polisulfon, polikarbonat, poliamidda, kopolimer AN-VC, poliakrilat, poliviniliden fluoride, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan Membran UF memang dibuat dari polimer. Tetapi bisa pula dibuat dari bahan anorganik seperti zirconia, Al2O3, dan keramik. Pada teknologi pemurnian air, Ultrafiltrasi Membran yang memiliki berat molekul membran atau MWC berkisar 1.000-20.000 umum digunakan untuk penyaringan Patogen. Sementara membran dengan MWC berkisar 80.000-100.000 untuk penyaringan koloid.

Setelah digunakan beberapa waktu, perlu dilakukan pembersihan membran. Hal ini karena kotoran yang tersaring dapat menyumbat pori-pori membran sehingga menyebabkan penurunan kinerja. Adapun pembersihan membran dapat dilakukan menggunakan bahan permbersih dari larutan khusus. Seperti larutan asam kuat, sodium hypochlorite, caustic soda. Membran hanya perlu dicelupkan ke dalam larutan pembersih atau disirkulasi agar kotoran dapat terlepas.

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Membran Ultrafiltrasi ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com
Judul : Membran Ultrafiltrasi
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.