Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Thursday, October 24, 2019

Cara Mengatasi Air Kuning dan Bau

Cara Mengatasi Air Kuning dan Bau
Ciri-ciri umum air yang mengandung tingginya zat besi dan mangan yaitu air berwarna kuning, keruh, dan bau karat besi. Terkadang air keluar jernih tetapi jika diendapkan beberapa saat menjadi berubah warna kuning. Selain itu biasanya kondisi air agak licin, rasa tidak enak, jika digunakan untuk mandi terasa lengket dan gatal di badan. Hal ini terjadi disebabkan karena tingginya zat besi dan mangan.

Masalah zat besi dan mangan di dalam air lebih sering terjadi jika sumber air baku yang digunakan berasal dari air tanah. Sering juga masalah seperti ini terjadi secara musiman atau pada perioda tertentu saja. Jika sumber air yang digunakan mengandung konsentrasi zat besi lebih besar 0,3 mg/l atau kandungan mangan melebihi 0,05 mg/l maka perlu pemilihan cara pengolahan yang paling sesuai.

Berikut cara menghilangkan air kuning, keruh, bau, karat dan berminyak, yang disebabkan oleh tingginya zat besi dan mangan.

Sistem Aerasi

Sistem Aerasi
Kandungan zat besi dapat dihilangkan dari dalam air dengan melakukan oksidasi menjadi Fe (OH)3 yang tidak larut dalam air, kemudian diikuti dengan pengendapan dan penyaringan. Proses oksidasi dilakukan dengan menggunakan udara, biasa disebut aerasi yaitu dengan cara memasukkan udara dalam air. Efeknya kadar besi mengendap ke bawah sehingga kotorannya menempel di bak penampungan/toren air. Kelemahannya mungkin kita akan sering menguras toren tersebut agar kotoran endapan tidak ikut ke pipa instalasi.

Sistem Sedimentasi

Sistem Sedimentasi
Sedimentasi adalah proses pengendapan partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam cairan/zat cair karena pengaruh gravitasi (gaya berat secara alami). Sedimentasi dapat berlangsung sempurna pada danau yang airnya diam atau suatu wadah air yang dibuat sedemikian rupa sehingga air di dalamya keadaan diam. Pada dasarnya proses tersebut tergantung pada pengaruh gaya gravitasi dari partikel tersuspensi dalam air. Biaya pengolahan air dengan proses sedimentasi relatif murah karena tidak membutuhkan peralatan mekanik maupun penambahan bahan kimia. Kegunaan sedimentasi untuk mereduksi bahan-bahan tersuspensi (kekeruhan) dari dalam air dan dapat juga berfungsi untuk mereduksi kandungan organisme (patogen) tertentu dalam air.

Sistem Filtrasi

Sistem Filtrasi
Cara teknik penjernihan/penyaringan ini terbukti paling efektif dan ampuh karena sudah terbukti berdasar riset yaitu menggunakan Filter Mangan. Dalam kebutuhan modern seperti ini teknik filter/penjernih/penyaring air sangatlah efektif dan media filter yang digunakan adalah Manganese.

Manganese adalah mineral yang dapat menukar elektron sehingga dapat mengoksidasi besi ataiu mangan yang larut di dalam air menjadi bentuk yang tak larut. Manganese dapat juga berfungsi sebagai katalis dan pada waktu yang bersamaan besi dan mangan yang ada dalam air teroksidasi menjadi bentuk ferri-oksida dan mangandioksida yang tak larut dalam air.

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Cara Mengatasi Air Kuning dan Bau ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com
Judul : Cara Mengatasi Air Kuning dan Bau
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.