Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Wednesday, December 18, 2019

Membran Filtrasi

Membran Filtrasi
Filter membran bertindak sebagai penghalang untuk memisahkan kontaminan dari air dan menghilangkan partikel yang dapat mencemari air. Reverse osmosis, ultrafiltrasi, dan nanofiltrasi semuanya menggunakan membran dalam proses penyaringan nya. PT Deltapuro Indonesia akan menjelaskan apa itu filter membran dan cara kerjanya di dalam sistem penyaringan air.

Apa itu Membran Filtrasi?

Membran filter memiliki konfigurasi yang berbeda. Ada membran reverse osmosis (RO), membran ultrafiltrasi (UF), dan membran nanofiltrasi (NF). Semuanya itu memiliki proses penyaringan membran yang berbeda-beda.
Membran Filtrasi

Bagaimana cara kerja filter membran?

Reverse Osmosis memberikan tekanan pada membran semipermeabel yang memungkinkan molekul air yang dilewatinya dan membilas senyawa anorganik terlarut ke saluran pembuangan. Jadi terjadi pemisahan air menjadi dua jalur.

Ultrafiltrasi tidak memisahkan air seperti membran reverse osmosis. Membran disini sebenarnya hanyalah filter partikel atau sedimen ultra-halus. Dengan filtrasi mekanik, partikulat hingga 0,025 mikron tidak dapat melewati membran ultrafiltrasi.

Teknologi membran Nanofiltrasi bekerja sangat mirip dengan reverse osmosis, hanya perbedaan pada tingkat kerapatan micron nya.

Apa perbedaan antara Membran RO dan Membran Ultrafiltrasi?

Membran pada Reverse Osmosis dan Ultrafiltrasi sedikit berbeda. Membran RO mampu menolak mineral terlarut dari air, sedangkan Membran UF hanya menyaring zat padat atau partikel. Reverse osmosis mampu mengeluarkan mineral anorganik terlarut yang akan dilewatinya, sementara ultrafiltrasi tidak mengeluarkan mineral anorganik yang terlarut.
Membran Reverse Osmosis

Terbuat dari apakah filter membran?

Membran terbuat dari berbagai jenis bahan. Pada membran reverse osmosis, terbuat dari material yang sering disebut sebagai membran komposit film tipis (thin-film composite). Sebelumnya, membran reverse osmosis terbuat dari selulosa triasetat atau CTA. Membran CTA tidak lagi dijual. Material tersebut adalah versi pertama dari membran RO dan memiliki toleransi pH rendah dan tidak menghasilkan banyak air per inci persegi. Sementara dari bahan thin-film memungkinkan sistem RO dapat menghasilkan banyak air dalam ruang yang lebih sedikit. Sementara membrane UF menggunakan jenis bahan yang sama dengan formula yang sedikit berbeda.

Seberapa sering harus mengganti filter membran?

Membran reverse osmosis setiap dua atau tiga tahun harus diganti, tergantung pada kualitas air. Karena membran RO menolak lebih banyak mineral, beberapa mineral tersebut mulai keluar dari larutan dan menyumbat area permukaan membran. Jika kita menggunakan filter pre-treatment dan melakuan perwatan secara berkala , maka membran bisa bertahan hingga lima tahun. Sementara membran ultrafiltrasi idealnya setahun sekali harus diganti karena selaput pada membran UF mengumpulkan kontaminan saat proses penyaringan.

Bagaimana cara membersihkan filter membran?

Untuk membersihkan membran, gunakan bahan kimia untuk menghilangkan beberapa skala atau partikel yang menyumbat membran. Mencoba membersihkan atau menyiram membran tidak seefektif dengan biaya mengganti membran baru setiap beberapa tahun. Kita harus selalu membilas membran sebelum digunakan untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik.

Membran UF adalah teknologi membran flow-through, bukan separasi. Untuk membilas membran ultrafiltrasi saat start-up, cukup keluarkan dari housing nya. Saat memulai sistem RO, sebaiknya bilas membran dahulu untuk menghilangkan jenuh pada membran, dengan cara mengalir melalui saluran sistem.

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Membran Filtrasi ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com