Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Thursday, October 10, 2019

Pengolahan Air Laut Menjadi Air Bersih

Seawater Reverse Osmosis System
Proses Instalasi Desalinasi Air Laut adalah mengubah air laut menjadi air tawar. Pertama air laut (air baku) dikirim dengan pompa intake dan dikirim ke area desalinasi. Kemudian air baku akan diolah terlebih dahulu sebelum masuk ke sistem Sea Water Reverse Osmosis karena ada banyak kotoran di air laut, sehingga akan memenuhi persyaratan air umpan RO. Instalasi SWRO pada dasarnya terdiri dari Sistem Pengambilan (Intake System), Sistem Pra-Perawatan (Pre-Treatment System), Sistem RO Desalinasi Air Laut (Sea Water Desalination RO), Sistem Dosis Kimia (Chemical Dosing System), Sistem Pembersihan (Clean-In-Place System) dan Sistem Pengendali PLC (PLC Controlling System).
Sistem Pengolahan Air Laut Menjadi Air Bersih

1. Sistem Pengambilan Air Laut (Intake System)
Seawater Intake System
Sistem pengambilan air laut ini adalah untuk mengirimkan air laut ke instalasi SWRO. Ada berbagai jenis metode pengambilan berdasarkan kualitas air hidrologi di daerah pengambilan, atau berdasarkan kondisi geologi, atau berdasarkan data meteorologi, contohnya seperti Intake Sumur Pantai, Intake Air Bawah Permukaan, Intake Air Laut Terbuka, dll.

2. Sistem Pra-Perawatan (Pre-Treatment System)
Pre-Treatment Multi Media Filter
Padatan tersuspensi anorganik, pasir, minyak, tanah liat, bakteri, dan bahan organik terlarut rentan terhadap mampetnya Membran Reverse Osmosis. Maka dari itu diperlukan proses pra-perawatan berkualitas baik agar pengoperasian Mesin Reverse Osmosis Air Laut berjalan dengan baik dan mencegah mampetnya Membran RO. PT Deltapuro Indonesia biasanya mengadopsi pra-filter ini, seperti Filter Multi Media, Sand Filter, Carbon Filter dan Water Softener.

3. Sistem RO Desalinasi Air Laut (Sea Water Desalination RO)
Seawater RO Membrane
Sistem RO ini menggunakan membran semi-permeable untuk menghilangkan bahan organik, partikel koloid, bakteri dari air umpan, untuk menghasilkan air tawar. Seawater RO Membrane ini akan memisahkan air dan larutan garam, air akan meresap ke sisi larutan garam di bawah tekanan osmotik. Jika tekanan tertentu lebih besar dari tekanan osmotik diterapkan pada larutan garam, air akan meresap ke arah yang berlawanan. Fenomena ini disebut Reverse Osmosis. RO akan menghilangkan 98% TDS dari air umpan.

4. Sistem Dosis Kimia (Chemical Dosing System)
Chemical Dosing System
Sistem Dosis Kimia adalah bagian yang sangat penting dari keseluruhan sistem pengolahan air, termasuk perangkat dosis koagulan dan bakterisida dalam pretreatment, perangkat dosis anti-skalant dan reduktan sebelum RO tingkat 1, dan dosis penyesuaian pH sebelum sistem RO kedua. Setiap perangkat dosis terdiri dari tangki kimia dan Pompa Dosing Kimia. Semua perangkat dosis dirancang dengan baik dan dipasang secara terpusat untuk pengoperasian, pengawasan, pembersihan, dan pemeliharaan yang andal dan mudah.

5. Sistem Pembersihan (Clean-In-Place System)
Sistem Pembersihan (Clean-In-Place System)
CIP System ini didesain untuk pra-perawatan perangkat RO, sehingga tidak perlu sering membersihkan elemen membran. Akan ada berbagai jenis polutan yang terbentuk di permukaan membran sampai batas tertentu dalam proses operasi jangka panjang, yang menurunkan kinerja membran dan meningkatkan perbedaan tekanan antara saluran masuk dan saluran keluar. Oleh karena itu, CIP System ini akan menghilangkan kotoran di permukaan membran RO dengan pembersihan kimia secara teratur, serta desinfeksi. Perangkat pembersih terdiri dari tangki pembersih, pompa pembersih, dan filter pembersih.

6. Sistem Kontrol PLC (PLC Controlling System)
PLC Controlling System
PLC ini memanfaatkan perangkat lunak dengan sistem kinerja yang terintegrasi untuk melakukan kontrol dan memastikan untuk melakukan pengoperasian untuk meter proses dan kinerja sistem serta memungkinkan untuk memberi tahu pengguna jarak jauh tentang kesalahan sistem. PLC Controlling System ini dapat difungsikan secara otomatis untuk pengoperasian yang mudah.

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Pengolahan Air Laut Menjadi Air Bersih ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com
Judul : Pengolahan Air Laut Menjadi Air Bersih
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.