Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Friday, September 13, 2019

Instalasi Tabung Filter Air

Instalasi Tabung Filter Air

Tabung Filter Air

Tabung Filter Air merupakan alat penjernih air dan sekaligus penyaring air guna mengatasi masalah-masalah air seperti kuning, bau, lumpur, kekeruhan, besi, mangan dan masalah air lainnya. Sistem kerja Tabung Filter Air yakni menyaring air yang memiliki kualitas air tidak baik akan dialirkan melalui atas tabung lalu akan turun melewati tumpukan media filter. Pada proses ini media akan menyaring, mengabsorsi dan mengikat bahkan menghilangkan sebagian partikel-partikel padat maupun logam berat yang terdapat pada air. Untuk hasil yang baik selain ditentukan kualitas media dan penggunaan tabung filter tentu yang tidak kalah penting adalah sistem instalasi filter air itu sendiri.

Instalasi Tabung Filter Air

Ada 2 cara/sistem instalasi Tabung Filter Air yang dapat diterapkan dan disesuaikan kondisi di lapangan, dan tentu ketiga sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

1. Instalasi Tabung Filter Air Setelah Pompa dan Sebelum Toren

Instalasi Tabung Filter Air Setelah Pompa dan Sebelum Toren
Pada sistem ini air yang memiliki kualitas tidak baik yang di distribusikan melalui pompa yang memiliki tekanan atau laju air yang sangat kencang, berdampak pada proses filterisasi dimana air baku yang difilter/disaring tidak memenuhi harapan. Hal ini disebabkan tekanan dan laju air yang kencang memaksa media filter tidak bekerja dengan maksimal, dimana endapan/kotoran yang semula telah tersaring di bagian atas media akan kembali lolos melewati media filter akibat dampak dari besarnya tekanan/laju air dari pompa. Untuk mengatasinya diperlukan penambahan instalasi control valve (stop kran) yang diinstal setelah pompa air berguna mengurangi tekanan/laju air yang akan masuk ke filter.

Pada instalasi sistem ini memiliki kekurangan dimana media filter air cepat korosi sehingga media tidak bertahan lama (media tidak berumur panjang), kualitas hasil air tidak stabil dan mempercepat perawatan (backwash).

2. Instalasi Tabung Filter Air Setelah Toren

Instalasi Tabung Filter Air Setelah Toren
Pada instalasi ini merupakan kebalikan dari sistem diatas dimana air baku yang memiliki kualitas tidak baik akan didistribusikan dan ditampung pada tangki air (toren), sehingga air dengan kualitas tidak baik tersebut akan mengalami oksidasi dan pengendapan kotoran pada tangki. Air yang telah ditampung akan didistribusikan dengan mengandalkan tekanan gravitasi sehingga laju air tidak terlalu kencang untuk melewati media filter. Hal ini memungkinkan media filter air dapat bekerja dengan maksimal dan hasil air pun sesuai harapan yakni jernih dan bersih.

Sistem instalasi ini membuat umur media lebih panjang dan tidak cepat korosi, serta jarak perawatan pun lebih lama. Namun pada instalasi ini memiliki kelemahan dimana kita harus selalu mengontrol dan menguras tangki agar kotoran dan endapan tidak terlalu menumpuk. selain itu pada instalasi ini dapat dilakukan bilamana posisi tangki lebih tinggi dari tabung filter minimal 2 meter, jika sejajar antara tangki dan tabung filter maka dibutuhkan penambahan pompa dorong (booster pump) sehingga laju air setelah filter ke instalasi kran tetap kencang.

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Instalasi Tabung Filter Air ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com
Judul : Instalasi Tabung Filter Air
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.