Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Sunday, September 22, 2019

Menentukan Ukuran Micron Filter Cartridge

Menentukan Ukuran Micron Filter Cartridge
Filter Cartridge atau Sediment Filter terdiri dari beberapa ukuran micron yaitu diantaranya 10, 5, 3, dan 1 micron, ada juga yang menuliskannya pada labelnya 0.10, 0.5, 0.3, atau 0.1 micron, ada lagi yang menuliskannya 010, 05, 03, 01 micron.

Lalu apa perbedaannya? Sama saja. Buktikan menggunakan aplikasi konversi micron to mm, 10 micron itu sama dengan 0.01 mm, 5 micron itu sama dengan 0.005 mm, begitu juga 3 dan 1 micron. Lalu coba konversikan 0.1 micron atau 0.5 micron, maka akan didapatkan hasil yang sama yaitu 0.10 micron itu adalah 0.001 mm atau 0.5 micron adalah 0.005 mm. Artinya, ukuran 5 micron sama juga dengan ukuran 0.5 micron pada label Filter Cartridge. Ini yang sering terjadi kesalahpahaman yang mengira 1 micron itu lebih besar dari 0.5 micron atau ada yang bilang kalau 0.5 micron itu adalah setengah ukuran dari 1 micron. 1 micron itu sama saja dengan 0.1 micron pada label Filter Cartridge, atau 5 micron sama saja dengan 0.5 micron.

Absolute VS Minimal

Pada Cartridge Filter, kerapatannya terbagi kedalam dua grade yakni Absolute dan Minimal, perbedaannya adalah jika ukuran kerapatan adalah misalnya Absolute 1 micron, maka 90% partikel yang lebih besar dari 1 micron akan bisa disaring, namun jika Minimal 1 micron, maka artinya hanya sekitar 80% partikel yang lebih besar dari 1 micron akan bisa disaring. Untuk penggunaan umum, Cartridge Filter Minimal yang paling mudah ditemui dan sudah ideal digunakan, sedangkan Cartridge Filter Absolute adalah untuk kebutuhan khusus yang membutuhkan kemampuan filtrasi lebih baik terhadap sediment.

Mana yang Terbaik dari Semua Ukuran Kerapatan Itu ?

Semakin rapat ukuran Cartridge Filter, maka semakin mengurangi tekanan air dan memperberat kerja mesin pompa air. Media filter paling signifikan mengurangi tekanan air adalah Filter Cartridge, sedangkan media filter lain seperti Greensand, GAC, Resin Cation tidak mengurangi tekanan air, kecuali CTO yang memang sekaligus berfungsi sebagai filter ukuran 5 micron, dan GAC jika di dalam Cartridge-nya menggunakan bahan Polypropylene sebagai saringan tambahan yang biasanya diletakkan di atas dan di bawah Cartridge.

5 Micron adalah ukuran yang ideal, karena rata-rata mesin pompa air yang digunakan ketika menggunakan filter cartridge 5 micron saja sudah mengurangi tekanan air cukup signifikan, itu baru sediment filter atau step awal, belum media filter lain seperti Greensand, GAC, CTO, dan Resin Cation meski tidak signifikan. Tapi itu kembali lagi kepada kualitas air, jika airnya sudah jernih, bahkan ukuran 3 dan bahkan 1 micron pun tidak akan mengurangi tekanan air secara signifikan, karena semakin banyak kandungan sediment pada air, semakin susah air itu melewati sediment filter.

Dan pada ukuran 5 micron itu sudah tidak ada sedimentasi yang nampak baik itu secara visual yakni yang terlihat pada air, maupun fisik yang bisa diraba menggunakan tangan. Jika setelah menggunakan Cartridge Filter dengan kerapatan 5 micron ternyata air masih keruh, itu bukan karena sedimentasi, melainkan karena zat lain, yang paling umum adalah mangan dan besi, bahkan kapur.

Ciri-cirinya adalah jika air setelah disaring menggunakan Filter Cartridge 5 micron ternyata airnya agak kehitam-hitaman namun sebenarnya jernih itu adalah unsur mangan dalam air, sedangkan jika agak orange maka itu adalah unsur besi, lalu jika air sudah jernih namun agak keputih-putihan, itu adalah unsur kapur.

Solusi untuk menjernihkan air dengan kondisi seperti itu adalah dengan menggunakan Greensand/Pasir Aktif, yang gunanya untuk mengoksidasi (oksidator) unsur mangan dan besi yang sangat kecil itu agar kemudian menjadi lebih besar dan mudah disaring oleh Pasir di dalam Cartridge-nya. Lalu untuk unsur kapur adalah dengan menggunakan Resin Cation.

Jika air tersebut memiliki rasa yang tidak enak apalagi berbau, maka diperlukan lagi media filtrasi dengan menggunakan Karbon Aktif yang tersedia dua pilihan bentuk fisik yakni butiran dan batangan. Dalam beberapa kasus, Karbon Aktif juga bisa menjernihkan air, namun fungsi utamanya adalah untuk menghilangkan rasa dan aroma.

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Menentukan Ukuran Micron Filter Cartridge ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com
Judul : Menentukan Ukuran Micron Filter Cartridge
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.