Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Monday, September 23, 2019

Tentang Karbon Aktif dan Kegunaannya

Karbon Aktif
Apa itu Karbon Aktif ?

Pada dasarnya, Karbon Aktif merupakan sebuah material yang di dalamnya terdapat begitu banyak pori-pori yang sangat kecil. Dengan adanya begitu banyak pori-pori tersebut membuat Karbon Aktif memiliki banyak kemampuan untuk menyerap setiap zat lain yang dekat dengannya. Pori-pori yang banyak pada Karbon Aktif tersebut tercipta berkat adanya proses aktifasi. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk aktifasi, yang pertama lewat pemanasan yang sangat tinggi, dan yang kedua melalui proses pengolahan bahan-bahan kimia lainnya.

Karbon Aktif sendiri juga memiliki bahan dasar yang kebanyakan berasal dari hewan, berbagai tumbuh-tumbuhan maupun berbagai mineral yang di dalamnya terkandung zat karbon, salah satunya seperti arang dari batok kelapa, arang kayu keras, arang yang didapat dari pengolahan batok sawit, arang kemiri, batang jangung, dan masih banyak lainnya.

Bentuk dan Kegunaan Karbon Aktif

Bentuk Karbon Aktif

1. Granular Activated Cabon (GAC)

Granular Activated Cabon
Granular Karbon Aktif ini memiliki ukuran partikel yang relatif lebih besar dibandingkan dengan karbon aktif bubuk dan akibatnya permukaan eksternal juga lebih kecil. Difusi adsorbate adalah faktor penting. Karbon Aktif GAC banyak digunakan untuk pengolahan air dalam sistem filterisasi dan juga digunakan dalam campuran filter cepat. Karbon jenis ini umumnya ditetapkan dengan ukuran seperti 8×20, 20×40, atau 8×30 untuk aplikasi pengolahan air dan ukuran 4×6, 4×8 atau 4×10 untuk aplikasi fase gas/uap.

Kapasitas adsorptif Karbon Aktif Granular (GAC) membuatnya ideal untuk menghilangkan berbagai kontaminan dari air, udara, cairan dan gas. GAC juga merupakan produk yang sangat baik terhadap lingkungan dan dapat diaktifkan kembali melalui oksidasi termal dan digunakan beberapa kali untuk aplikasi yang sama. Dengan memvariasikan kondisi pabrikan, struktur pori internal dibuat dengan memberikan sifat adsorpsi unik khusus untuk setiap jenis produk. Pilihan produk untuk aplikasi tertentu akan berbeda-beda karena perbedaan zat pengotor dan kondisi proses produksinya.

Aplikasi
Pengolahan Air
Penghapusan Merkuri
Proses Industri
Pengolahan Air
Penghapusan Merkuri
Proses Industri
Makanan dan Minuman
Logam
Medis
Makanan dan Minuman
Logam
Medis

2. Powdered Activated Carbon (PAC)

Powdered Activated Carbon
Powdered Activated Carbon dibuat dalam bentuk partikulat sebagai bubuk atau dirancang butiran ukuran kurang dari 1.0 mm dan diameter rata-rata antara 0.15 dan 0.25 mm. Karbon Aktif Powder ideal untuk menghilangkan berbagai kontaminan dari udara, cairan dan gas.

Aplikasi
Penghapusan Merkuri
Pengolahan Air
Proses Industri
Penghapusan Merkuri
Pengolahan Air
Proses Industri
Makanan dan Minuman
Medis
Energi
Makanan & Minuman
Medis
Energi

3. Pellet Activated Carbon

Pellet Activated Carbon
Pellet Activated Carbon adalah karbon aktif yang dikompres ke dalam bentuk silinder dan memiliki beragam kegunaan untuk menghilangkan kontaminan seperti senyawa organik yang mudah menguap (VOC) dan merkuri dari gas alam serta mengendalikan bau.

Karbon Aktif Pellet dibuat dengan mengekstrusi karbon aktif ke dalam pellet berbentuk silinder dengan diameter mulai dari 0,8 hingga 5 mm. Kandungan dan luas permukaannya membuatnya ideal untuk banyak aplikasi udara/gas. Keseragaman bentuknya membuatnya sangat berguna dalam aplikasi di mana penurunan tekanan rendah menjadi pertimbangan. Kapasitas adsorptif karbon pellet membuatnya ideal untuk menghilangkan berbagai kontaminan dari aliran udara dan gas. Jenis inijuga merupakan produk yang ramah lingkungan dan dapat diaktifkan kembali melalui oksidasi termal dan digunakan beberapa kali untuk aplikasi yang sama.

Aplikasi
Perawatan Udara dan Lingkungan
Proses Industri
Penghapusan Merkuri
Perawatan Udara
dan Lingkungan
Proses Industri
Penghapusan Merkuri

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Tentang Karbon Aktif dan Kegunaannya ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com
Judul : Tentang Karbon Aktif dan Kegunaannya
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.