Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Thursday, October 3, 2019

Sand Filter

Sand Filter
Fungsi utama Sand Filter adalah menyaring partikel-partikel kotoran yang terdapat di dalam air. Pada proses sand filtrasi, bahan koloid akan tertahan yaitu dalam bentuk lapisan gelatin, sedangkan ion-ion yang larut dalam air akan dinetralkan oleh ion-ion pasir (sebagian partikel pasir juga mengalami ionisasi di dalam filter). Dengan demikian sifat air akan berubah karena terjadi netralisasi tersebut. Di samping itu, lapisan zooglial pasir yang mengandung organisme hidup akan memakan bahan organis, jadi akan membersihkan air. Dengan demikian cara kerja pasir penyaring dapat secara mekanis, elektrolisis dan bakterisidal.

Media Filter yang digunakan pada Sand Filter adalah Pasir Silika, dengan syarat utamanya adalah harus bersih, keras dan tahan lama. Bahan penyaring ini cukup kasar dan ditempatkan di atas koral/kerikil/gravel yang ditempatkan secara berlapis-lapis. Besar butir pasir yang digunakan akan mempengaruhi keefektifan proses filtrasi. Pada waktu tertentu, pasir penyaring harus dicuci dengan cara back washed sistem yaitu air dialirkan secara terbalik atau berlawanan dengan aliran air selama penyaringan (dari bawah ke atas), dengan kecepatan yang memungkinkan pasir mengalami pemuaian (ekspansi) sehingga proses filtrasi tetap efisien.

Metode Sand Filter yang umum digunakan dalam proses pengolahan air terdiri dari :
1. Rapid Sand Filter
Rapid Sand Filter
Rapid Sand Filter pertama kali didesign oleh oleh George W. Fuller di Little Falls, New Jersey Amerika pada tahun 1920 an. Design ini banyak digunakan di sistem pengolahan air pemerintah Amerika di berbagai tempat sejak kesuksesannya di tahun tersebut, karena design ini tidak membutuhkan tempat yang luas dibandingkan slow sand filter. Rapid Sand Filter menggunakan pasir dan media granular lainnya (seperti gravel atau anthracite) untuk menghilangkan partikel pengotor dalam air.

Pengoperasian Rapid Sand Filter dapat memanfaatkan gaya gravitasi atau pompa tekanan. Prosesnya sebagai berikut : air yang akan difilter akan melewati Rapid Sand Filter dari atas karena adanya gaya gravitasi atau pemberian tekanan, kemudian material floc akan terperangkap di permukaan media filter dan akan keluar dibagian bawah unit. Adapun untuk membersihkan material floc yang terperangkap, dilakukan backwash atau mengalirkan air secara terbalik dari bawah ke atas.

2. Upflow Sand Filter
Upflow Sand Filter
Pada proses Upflow Sand Filter, air yang akan difilter (influent) akan masuk dari atas ke tempat penampungan di bagian bawah filter dan mengalir keatas (upflow) melalui media pasir. Material floc akan terperangkap di media filter dan filtrate (air bersih yang difilter) akan keluar mengalir ke atas permukaan media pasir.

Selanjutnya media filter yang mengandung material floc akan mengalir ke bawah melalui pipa airlift menuju washbox chamber (ruang pencuci) bagian atas, pasir yang sudah bersih dari material floc akan didistribusikan kembali ke dalam dan pengotor (material floc) dikeluarkan ke pipa reject.

3. Slow Sand Filter
Slow Sand Filter
Slow Sand Filter merupakan tipe tertua dari proses pengolahan air yang pertama kali digunakan pada tahun 1872 di Amerika. Saat ini, Slow Sand Filter masih digunakan dalam bentuk yang lebih kecil dari sebelumnya. Tipe ini tidak membutuhkan pretreatment penambahan senyawa kimia coagulant sebelumnya dan mudah secara proses. Slow Sand Filter terdiri atas tank, media pasir, media gravel, pengatur aliran (flow regulator), dan sistem penampung air (clearwell) untuk filtrate (air bersih yang difilter). Air akan mengalir melalui media pasir dan gravel, selanjutnya melalui flow regulator dan terakhir masuk ke clearwell.

Slow Sand Filter dapat mereduksi jumlah bakteri patogen, kekeruahan, bau, rasa, dan senyawa organik lainnya. Kelebihan dari tipe ini adalah minimnya masalah yang disebabkan oleh lumpur, tidak dibutuhkan supervisi yang intens, dan biaya operasional serta pemeliharaan yang murah.

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Sand Filter ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com
Judul : Sand Filter
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.