Office ☎ : 021-29601576
Sales ☎ : 021-82679020 ✆ : 081214208512
Email ✉ : info@deltapuro.com

Monday, September 30, 2019

Fungsi Media Filter Pada Penjernihan Air

Fungsi Media Filter Pada Penjernihan Air
Untuk mendapatkan air yang jernih dengan hasil maksimal pada pengolahan air perlu didukung oleh media filter air yang tepat. Karena media filter airlah yang menentukan kualitas air yang ingin diperoleh. Media filter yang tepat akan mampu menghilangkan zat-zat kimia maupun organik yang ada di dalam air seperti air berbau, keruh, kekuningan, berminyak, berkarat, atau berlumpur menjadi lebih baik dan layak untuk dikonsumsi.

Karena itu menentukan komposisi media filter tidak sama antara satu tempat dengan tempat lain. Karena setiap tempat tentu memiliki masalah air yang berbeda. Selain itu tujuan hasil penjernihan juga harus diperhatikan apakah untuk minum, rumah tangga atau kebutuhan lain. Berikut adalah jenis media filter air dan fungsinya :

Pasir Silika

Pasir Silika
Pasir Silika sering juga disebut dengan pasir kuarsa adalah untuk menghilangkan kandungan lumpur, tanah, partikel kecil dan sedimen pada air. Biasanya difungsikan sebagai pre-filter untuk diproses dengan filter berikutnya.

Karbon Aktif

Karbon Aktif
Karbon Aktif adalah produk olahan dari arang batok kelapa, kelapa sawit atau batu bara berfungsi untuk penyerap bau, menghilangkan warna kuning dan unsur yang merugikan di dalam kandungan air. Pembuatan karbon ini tanpa pencampuran kimia tertentu sehingga aman digunakan untuk keperluan pemfilteran. Karbon Aktif atau Activated Carbon memiliki daya serap yang tinggi dan mudah menjernihkan air.

Pasir Manganese

Pasir Manganese
Pasir Manganese berfungsi untuk menghilangkan kandungan mangan, besi atau hidrogen sulfida yang tampak seperti lapisan atas berminyak di dalam air minum atau air tanah atau air PDAM. Pasir Mangan ini adalah pasir yang dapat bereaksi dengan zat besi, mangan dan hidrogen sulfida di dalam air dan membentuk endapan yang kemudian terperangkap dalam media filter melalui oksidasi dan filtrasi.

Antrasit

Antrasit
Antrasit adalah media filter yang berasal dari kandungan batubara, berwarna lebih mengkilat dan berfungsi untuk menghilangkan kekeruhan pada air. Anthracite memiliki berat jenis lebih ringan dari pasir silika sehingga antrasit dapat digunakan sebagai pengganti pasir silika dalam proses filterisasi atau juga dapat digunakan bersama-sama pasir silika pada multi media filter. Antrasit dapat mengangkut kekeruhan pada rongga-rongga luar dan mengangkat kotoran lebih banyak karena Anthracite memiliki rongga yang lebih besar dan dapat memfilter dari atas sampai bawah.

Gravel

Gravel
Gravel merupakan media support dalam sistem filtrasi. Fungsi utama media filter Gravel ialah menurunkan kekeruhan influen dan suspended solid sehingga memadai sebagai input bagi sistem filtrasi. Selain itu Gravel juga dapat mereduksi penyumbatan oleh algae dan mampu mereduksi suspensi dan koloid.

Resin Penukar Ion (Ion Exchange Resin)

Ion Exchange Resin
Ion Exchange Resin adalah senyawa organik sintesis berbentuk manik kecil berwarna putih kekuningan yang mengandung ion positif atau negatif. Berdasarkan jenis ion/muatan yang dipertukarkan, resin dapat dibagi menjadi dua yaitu Resin Penukar Kation (Cation Exchange Resin) dan Resin Penukar Ion (Anion Exchange Resin).

By : PT Deltapuro Indonesia ~ Industrial & Commercial Water Treatment, Filtration Systems, Custom Purification and Components Company

PT Deltapuro Indonesia Fungsi Media Filter Pada Penjernihan Air ini dipublish oleh PT Deltapuro Indonesia. Jika ada pertanyaan dan informasi seputar produk dan layanan kami dapat menghubungi kami di 021-29601576, 021-82679020, 081214208512 atau email ke : info@deltapuro.com
Judul : Fungsi Media Filter Pada Penjernihan Air
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.